Twitter

Festival Tahunan Di Malaysia

Kuala Lumpur (sering disingkat KL), atau nama lengkapnya Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, adalah ibu kota dan kota terbesar di Malaysia. Kawasan Wilayah Persekutuan meliputi wilayah seluas 244 km2 (94 sq mi), dengan penduduk sekitar 1,6 juta jiwa (2010). Wilayah metropolitan Kuala Lumpur atau yang juga dikenal sebagai Lembah Klang, memiliki jumlah penduduk sebesar 5,7 juta jiwa. Kuala Lumpur merupakan wilayah metropolitan dengan pertumbuhan paling pesat di Malaysia, baik dalam jumlah penduduk maupun ekonomi. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kuala_Lumpur).
 
Festival tahunan di Malaysia
Festival – festival berikut di selenggarakan tahunan tetapi untuk tanggal pasti nya ada yang tetap ada juga yang berubah-rubah setiap tahunnya. Berikut ini adalah festival – festival tahunan yang ada di Malaysia :
01. Januari – Februari – Tahun baru Imlek, Thaipusam dan Federal Territory Day
 
Tahun Baru Imlek
Pada tahun baru imlek, seluruh bisnis yang dijalankan oleh orang China biasanya tutup, karena inilah kesempatan bagi mereka untuk merayakan tahun baru imlek. Biasanya libur selama 2 hari resmi nya tetapi terkadang mereka libur lebih lama dari yang sudah ditentukan. Pergilah ke Pecinan atau Petaling Street untuk menyaksikan tarian barongsai dan rasakan kemeriahan tahun baru imlek di sini.
 
Thaipusam
Ini adalah perayaan yang diselenggarakan oleh umat Hindu di seluruh dunia untuk menghormati Dewa Hindu yaitu Dewa Murugan. Khusus untuk festival Thaipusam yang diadakan di Malaysia, biasanya prosesi diadakan dari Kuil Sri Mahamariamman ke Batu Caves. Ini semacam ritual permohonan ampun atas dosa-dosa dengan cara menusuk tubuh mereka dengan kavadi. Ada yang menusuk lidah atau pipi dengan panas berbagai ukuran, ada yang menancapkan kail disepanjang punggung mereka dimana di mata kail nya di tempatkan jeruk nipis yang apabila airnya menetes ke luka akan terasa sangat pedih.
 
Federal Territory Day
Federal Territory Day atau Hari Wilayah Persekutuan atau disebut juga Hari Wilayah. Diselenggarakan setiap tanggal 1 Februari di Kuala Lumpur. Festival ini biasanya di meriahkan dengan pergelaran budaya dan pertunjukan kembang api yang sangat meriah. 
 
02. Maret – Mei – Paskah dan Hari Waisak
 
Paskah
Umat Kristen merupakan golongan minoritas di Malaysia sehingga Hari Paskah pun berlalu begitu saja tanpa adanya perayaan yang meriah.
 
Hari Waisak
Pergilah ke Maha Vihara Brickfields yang berjarak kurang lebih 2 km sebelah selatan Central Market untuk menyaksikan umat Buddhis Malaysia melakukan puja bakti menghormati Sri Buddha dalam rangka memperingati Hari Suci Vesak.
 
03. Juni – Agustus – Festival of the Hungry Ghosts, Hari Kemerdekaan, Festival Kue Bulan, Festival Sembilan Dewa Kaisar dan Ramadhan.
 
Festival of the Hungry Ghosts
Datanglah ke Pecinan di akhir bulan Agustus apabila Anda ingin menyaksikan perayaan China ini. Agak sedikit spooky ya kalau dilihat dari istilah yang digunakan, tetapi Anda akan takjub ketika menyaksikannya karena selain adanya ritual pembakaran uang kertas mainan, makanan dan dupa, di Malaysia, Anda akan menyaksikan gelar konser di atas panggung oleh penyanyi, penari dan penghibur lokal yang diadakan seadanya.
 
Hari Kemerdekaan
Hari Kemerdekaan Malaysia di laksanakan setiap tanggal 31 Agustus. Datanglah ke Merdeka Square untuk menyaksikan berbagai pertunjukan karena Hari Kemerdekaan biasanya di sambut dengan kemeriahan.
 
Festival Kue Bulan
Orang Tionghoa percaya bahwa kue bulan pembawa keberuntungan. Saat festival kue bulan, Anda bisa menemukan kue bulan yang dijual di pinggir jalan. Ada karnaval, tarian barongsai dan lampion-lampion yang menghiasi sudut sudut kota.
 
Festival Sembilan Dewa Kaisar
Ini adalah karnaval dan upacara untuk merayakan ulang tahun kesembilan Dewa Surgawi. Dalam cerita rakyat Tao, Sembilan Dewa Kaisar sangat sering dikenal sebagai “Bei Dou Xing Jiu Beidou Jiuxing (9 Bintang Utara Plough Dewa), karena mereka adalah para Dewa dari bintang-bintang atau planet. Ibu mereka,” Dou Mu Yuan Jun ember ibu Yuanjun “(Ibu Bintang Utara) yang memegang Panitera Kehidupan dan Kematian. Yang bisa diyakini untuk memperpanjang hidup seseorang, menghilangkan bencana, dan membebaskan dosa-dosa masa lalu dan utang dari diri sendiri dan keluarganya.
Ramadhan
Ini adalah perayaan umat muslim di dunia, dimana mereka berpuasa selama bulan ini.
04. September – Desember – Deepavali, Natal
Deepavali
Hari Deepavali yang juga dikenali sebagai pesta cahaya merupakan perayaan yang disambut oleh semua penganut Hindu. Pelita akan dipasang dalam barisan di rumah penganut Hindu bagi melambangkan kejayaan kebaikan mengatasi kajahatan. Pada pagi Deepavali, penganut Hindu akan menjalani mandi minyak yang melambangkan penyucian badan dan semangat. Selepas upacara penyucian yang melambangkan permulaan yang baru, penganut Hindu akan mengunjungi kuil di mana patung dewa Hindu akan dikalungkan dengan kalungan bunga.
Natal
Seperti di negara-negara lain umumnya.

Leave a Reply