Kick Off Trade Meeting Di Pangalengan

 

Apa yang terjadi apabila Kick Off Meeting di gabungkan dengan Outbound? Jawaban nya hanya satu kata, “Serrrrruuuuu…” Seperti hal Kick Off Meeting + Outbound yang kami tangani beberapa kali. Di pagi sampai sore hari, para peserta seru belajar di lapangan terbuka dan mereka serius meeting di malam hari.

Apa itu Kick off meeting? Kick off meeting merupakan rapat awal proyek dengan tujuan untuk menyamakan presepsi  diantara semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan proyek, menyangkut prosedur dan teknis pelaksanaan proyek.   Kick off Meeting bisa dianggap sebagai kesempatan untuk menyelaraskan nada (set the tone) dalam suatu proyek.

Secara umum, maksud dilaksanakannya Kick off  meeting adalah:

1) Untuk menyatakan bahwa proyek dimulai.

2) Menyampaikan secara ringkas tujuan proyek  dan peran/tanggung jawab setiap pihak dalam pencapaian tujuan

tersebut.

3) Mengklarifikasi harapan setiap pihak yang berperan dalam proyek.

4) Membentuk dan menumbuhkan komitmen bersama dalam menyukseskan proyek.

Agenda Kick off meeting juga bervariasi bergantung pada jenis, ukuran dan kompleksitas proyek. Akan tetapi, umumnya hal-hal yang dibahas minimal menyangkut:

1) Garis besar tujuan proyek.

2) Organisasi & Matriks Tanggung Jawab.

3) Prosedur komunikasi.

4) Prosedur Persetujuan/Approval.

5) Time schedule.

6) Laporan/Report.

7) Perijinan.

8). Prosedure Delivery material.

9) Garis besar Aspek Teknis.

10) Quality Plan.

Setelah Kick off meeting dilaksanakan, maka yang paling penting adalah masing-masing pihak harus memiliki komitmen untuk melaksanakannya sesuai perannya masing-masing. Nada dasar sudah didapat, selanjutnya masing-masing pihak harus menyelaraskan perannya dengan nada tersebut sehingga lagu yang berjudul “Proyek” bisa dilantunkan dengan merdu. Akhirnya  tepuk tangan meriah dari semua pihak (baca stakeholder) akan terdengar.

About Author

client-photo-1
agus

Comments

Leave a Reply