Twitter

Pesona Thailand

 

Kerajaan Thai (nama resmi bahasa Thai: ราชอาณาจักรไทย Ratcha Anachak Thai; atau Prathēt Thai), yang lebih sering disebut Thailand dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai (dibaca: “meng-thai”, sama dengan versi Inggrisnya, berarti “Negeri Thai”), adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Kerajaan Thai dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949. Kata “Thai” (ไทย) berarti “kebebasan” dalam bahasa Thai, namun juga dapat merujuk kepada suku Thai, sehingga menyebabkan nama Siam masih digunakan di kalangan warga negara Thai terutama kaum minoritas Tionghoa.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Thailand)

Ada apa di Thailand sehingga mampu menghipnotis para turis untuk datang mengunjungi nya? Hhhmmm… faktor-faktor berikut ini sepertinya menjadi daya tarik Thailand :

  1. Objek Wisata yang beragam, mulai dari wisata pantai, wisata pegunungan, wisata budaya, wisata petualangan dan masih banyak wisata lain yang bisa wisatawan nikmati di Thailand.
  2. Biaya hidup yang relatif lebih murah atau mungkin sama dengan Indonesia.
  3. Cita rasa masakan yang masih bisa diterima lidah orang Indonesia.
  4. Infrastruktur yang memadai.
  5. Dukungan dari pemerintah yang cukup besar. Misalnya pelancong bisa dengan mudah mendapatkan brosur atau peta secara gratis.

Ibu kota Thailand adalah Bangkok. Thailand mempunyai luas total 513.120 kilometer persegi. Di utara, wilayah Thailand merupakan daerah pegunungan dengan puncak tertinggi nya berada di Doi Inthanon (2.576 meter). Jumlah penduduk Kerajaan Thailand perkiraan di tahun 2015 adalah 65.104.000 orang dengan komposisi terdiri atas 75% etnis Thai, 14% etnis keturunan China, 3% etnis Melayu dan sisanya adalah suku minoritas seperti Mons, Khmer dan berbagai suku pegunungan lainnya. Agama mayoritas adalah Budha yang dipeluk oleh sekitar 94.6% penduduk Thailand. Islam adalah agama terbesar kedua di Thailand, yaitu sekitar 4.6% dan 0.7% penduduk beragama Nasrani. Bahasa resmi yang digunakan adalah Thai. Sedangkan mata uang nya adalah Baht (THB).

Berikut adalah hari libur resmi di Thailand :

  1. Januari – Februari : Tahun Baru dan Imlek.
  2. Februari – Maret : Makha Bucha Day
  3. April : Chakri Day dan Songkran
  4. Mei : Hari Buruh, Coronation Day, Upacara Kerajaan Awal Masa Tanam, Waisak
  5. Juli : Asalha Puja Day dan Khao Phansa Day
  6. Agustus  : Ulang tahun YM Ratu Sirikit
  7. Oktober : Chulalongkorn Day
  8. Desember : Ulang thun YM Raja Bhumibol Adulyadej, Constitution Day dan Malam Tahun Baru

Selain hari libur resmi tersebut, ada juga beberapa agenda tahunan yang patut di pertimbangkan juga :

  1. Festival Loy Krathong  (Loi Krathong) : festival ini dimulai pada senja hari saat malam bulan purnama ke-12, yaitu jatuh sekitar bulan November. Loy secara harfiah berarti mengapung. Krathong menunjuk kepada suatu wadah berbentuk bunga teratai seukuran tangan yang secara tradisional terbuat dari batang pisang.
  2. Festival Yi Peng : Di Chiang Mai ini festival Loy Krathong berlangsung bersamaan dengan festival Yi Peng.
  3. Phuket Vegetarian Festival : Festival ini biasanya dilaksanakan pada bulan September atau Oktober.
  4. Royal Flora Ratchaphruek : Ini adalah pameran hortikultura yang diadakan di Chiang Mai. Berlangsung pada bulan November sampai Februari.

 

 

Leave a Reply