Twitter

Tips Dan Triks Wisata Ke Gunung Bromo

 

Sebelum admin share tips dan trik wisata ke Gunung Bromo, berikut admin share tentang Gunung Bromo yang admin cutat dari Wikipedia yaaa…. Semoga teman-teman akan lebih mengenal Gunung Bromo setelah membaca cutatan admin ini. 😀

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu), adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Bagi penduduk sekitar Gunung Bromo, suku Tengger, Gunung Bromo / Gunung Brahma dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke puncak Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Oh iya, suhu udara di Gunung Bromo itu bisa mencapai dibawah 10 derajat celcius. Bagi kita penduduk Indonesia yang sudah terbiasa dengan iklim tropis tentunya tidak bisa membayangkan seberapa dinginnya udara dengan suhu di bawah 10 derajat celcius itu.

Nah, itu adalah sejarah singkat tentang Gunung Bromo, berikut ini adalah tips yang bisa saya bagikan buat teman-teman ketika berencana jalan-jalan ke Gunung Bromo, sebagai berikut :

01. Persiapan Yang Matang

Apabila teman-teman berencana untuk jalan-jalan sendiri tanpa menggunakan jasa tour and travel, teman-teman wajib membuat persiapan yang matang. Kalau tidak, alih-alih mendapatkan pengalaman yang menyenangkan malah menjadi mimpi buruk deh. Pelajari segala hal yang berhubungan dengan tujuan yang akan kita tuju, mulai dari hotel, transportasi, rumah makan dll.

02. Jaket atau pakaian dingin.

Bawa jaket yang bisa menahan hawa dingin bukan jaket yang sekedar fashion saja. Selain jaket saya sarankan juga membawa beberapa T-Shirt cadangan sehingga apabila dengan menggunakan jaket masih merasa dingin anda bisa menambahkan T-Shirt sebelum menggunakan jaket. Kalau admin sih prefer bawa sarung, jadi bisa sarungan kalau masih terasa dingin.

03. Syal, penutup kepala, sarung tangan.

Kebanyakan jaket tidak menutupi area tubuh bagian leher. Ada baiknya anda membawa syal daripada nantinya leher anda menggigil. Begitu pula dengan topi dan sarung tangan. Apabila anda tidak memiliki perkakas ini, anda tidak perlu khawatir karena akan ada yang menjual berbagai syal, topi, dan sarung tangan disana walaupun harganya akan sedikit lebih mahal.

04. Sepatu.

Wajib pakai sepatu. Jangan karena ingin santai, teman-teman kemudian menggunakan sandal, sandal is not recommended karena kontur jalan yang akan dilalui sebagian besar berbatu dan licin. Sepatu boot atau sepatu hiking akan lebih beguna daripada sepatu sneakers karena selain kuat sepatu jenis ini akan melindungi anda dari cedera.

05. Lampu Senter / Flashlight. Apabila anda ingin menikmati sunrise di puncak bukit, anda akan mulai mendaki di saat langit masih gelap gulita. Penerangan dari senter akan sangat membantu anda menapaki jalan yang terjal.

06. Masker. Wilayah Gunung Bromo cenderung berpasir dan berangin. Dengan adanya masker bisa melindungi hidung dan mulut kita dari terpaan debu pasir yang bisa menyebabkan batuk dan perih pada tenggorokan.

Sebenarnya di lokasi pun ada tempat penyewaan apabila teman-teman merasa ingin nyantai dan tidak mau terlalu ribet. Teman-teman bisa menyewa jaket, penutup kepala dan membeli masker di tempat. Tetapi tentu saja memakai milik sendiri jauh lebih nyaman kan??

Demikian tips yang bisa saya share dan tentu nya bisa dijadikan panduan buat teman-teman yang ingin jalan-jalan ke Gunung Bromo.

The Amazing Batu Bromo Malang Tour 3D 2N

 

Leave a Reply