Twitter

Transportasi Di Thailand

 

Transportasi di Thailand. Sebelumnya admin share artikel tentang Transportasi Ke Thailand, Kali ini admin ingin share Transportasi apa saja sih yang tersedia di Thailand. Ini berguna bagi teman-teman yang berencana berlibur ke Thailand ala backpacker.
Seperti hal nya Singapura, Thailand juga mempunyai infrastruktur transportasi yang cukup lengkap. Terdapat beberapa pilihan seperti pesawat udara, bus antar kota, mini bus, kereta api dan juga angkutan air seperti kapal ferri, boat, dan kapal tradisional untuk perjalanan antar kota atau antar wilayah. Beberapa moda transportasi yang terdapat di suatu wilayah misalnya taksi, bus kota, song thaew, tuk tuk dan ojek motor. Tetapi tidak semua wilayah mempunyai moda transportasi umum yang lengkap seperti ini. Beberapa kota hanya memiliki moda transportasi umum seperti song thaew, tuk tuk dan ojek motor saja.
Apa itu song thaew? Song thaew adalah transportasinya yang berbentuk mobil pick up dengan bagian belakang dimodifikasi sehingga menjadi kabin penumpang dengan dua baris kursi panjang di tiap sisinya. Fungsinya sama dengan angkot sehingga tarifnya pun tidak mahal tetapi ada juga song thaew yang mangkal di tempat-tempat wisata dan biasanya sistemnya sewa sehingga terjadi proses tawar menawar antara sopir dengan calon penumpang.
Angkutan umum berikutnya adalah tuk tuk. Mirip dengan bemo di Jakarta atau memang bemo yah? hehehehe…. Biasanya tuk tuk digunakan untuk perjalanan jarak dekat. Sebisa mungkin hindari menggunakan tuk tuk, selain sopirnya terkenal suka ngebut tarifnya juga kadang tidak terlalu jauh dengan taksi atau bahkan kadang lebih malah lebih mahal. Kalau kebetulan teman-teman terpaksa harus memakai tuk tuk, jangan terkecoh kalau sopir tuk tuk memberikan harga murah, biasanya mereka tanpa memberitahu kita, akan membawa kita ke toko-toko souvenir terlebih dahulu. Toko-toko ini biasanya akan memberi voucher bensin kepada sopir tuk tuk sebagai balas budi telah membawa wisatawan ke toko nya dengan harapan si wisatawan membeli barang yang dijual di toko tersebut.
Ojek? Sama seperti hal nya di kota kota lain, ojek menjadi pilihan cocok bagi mereka yang ingin terbebas dari kemacetan. Di Bangkok, sering juga terjadi kemacetan sehingga angkutan ini bisa menjadi salah satu pilihan walaupun admin rekomendasikan karena faktor keselamatan. Pengemudi ojek di Thailand biasanya memakai rompi khusus berwarna terang dengan nomor-nomor di rompi.
Sewa motor atau mobil. Bisa juga teman-teman lakukan. Seperti di Bali, teman-teman juga bisa sewa motor atau mobil tapi… ya kalau nyasar resiko itu hehehehe… Biasanya kalau sewa mobil belum termasuk bahan bakar dan mereka meminta passport sebagai jaminan. Hati-hati ya teman-teman karena passport ini adalah dokumen maha penting ketika teman-teman berada di luar negeri, jadi usahakan untuk negosiasi dengan penyewa untuk memakai jaminan lain selain passport. Bisa juga teman-teman minta referensi ke pihak hotel tempat sewa motor atau mobil yang bonafid demi keamanan dan juga yang harus diingat kalau ingin menyewa motor atau mobil, harus termasuk asuransi ya teman-teman untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.
Bus kota. Bisa juga menjadi pilihan tetapi saya lebih suka untuk tidak menggunakannya. hehehehe…. Alasan nya sederhana, karena rute perjalanannya agak sulit untuk dipahami. Atau hanya saya saja kali ya? hehehe… Bus kota ini tersedia di kota kota besar seperti di Bangkok, jadi tidak tersedia di semua kota ya…
Bus antar kota juga bisa menjadi pilihan kalau teman-teman berniat untuk melakukan perjalanan ke kota kota lain di Thailand seperti Chiang Mai, Phuket, Krabi, Hat Yai dll. Banyak terdapat jenis bis yang cukup nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh, secara perjalanan dari Bangkok ke kota kota yang saya sebutkan tadi bisa berjarak antara 9 sampai 13 jam. Teman-teman bisa memilih jenis bis yang akan digunakan, mulai dari bis non AC, kelas 1 dan kelas 2 dan VIP. Saran admin ketika teman-teman memutuskan untuk memakai bis, beli lah tiket bis di loket tiket yang terletak di terminal bis, jangan membeli dari loket-loket yang terdapat di tempat tempat wisata apalagi calo. Dikhawatirkan harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan fasilitas yang didapat. Berabe kan kalau kita bayar harga untuk VIP tetapi bis yang kita dapat yang kelas 2?
Kereta api. Ada 2 jalur kereta api di Thailand, yaitu jalur selatan dan jalur utara. Kedua jalur ini bertemu di Bangkok yaitu di stasiun Hua Lamphong. Jalur selatan bermula dari Hat Yai dan berhenti di Bangkok sedangkan jalur utara bermula di Bangkok dan berhenti di Chiang Mai. Ada 3 kelas yang ditawarkan mulai dari kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 (non ac) dan untuk gerbong nya ada gerbong dengan tempat duduk dan gerbong dengan tempat tidur (sleeper train). Untuk perjalanan jauh tentunya banyak wisatawan ataupun penduduk lokal yang memilih kereta api dengan gerbong tempat tidur, karena itu kalau teman-teman berniat untuk menggunakan kereta api dengan gerbong tempat tidur, admin sarankan untuk booking jauh jauh sebelumnya supaya tidak kehabisan.
Tentunya angkutan umum yang paling nyaman dan cepat adalah pesawat terbang. Ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan lokal di Thailand, seperti Air Asia, Orient Thai, Bangkok airways, Nok Air dan Thai Air.
Jadi transportasi mana yang akan teman-teman pilih selama di Thailand? Semua kembali ke budget yang disediakan oleh teman-teman ya…

Leave a Reply